Pendidikan Agama Islam

IDENTITAS PROGRAM STUDI

Program Studi                                           :  Pendidikan Agama Islam  (PAI)
Fakultas                                                     :  Agama Islam
Perguruan Tinggi                                      :  Universitas Wiralodra Indramayu
Nomor SK pendirian Progam Studi          :  203 Tahun 1991
Tanggal SK pendirian Progam Studi         :  29 Agustus 1991
Pejabat Penandatangan SK Pendirian       :  Menteri Agama RI

Nomor SK Izin Operasional                      :  Dj. I/362/2009
Tanggal SK Izin Operasional                     :  30 Juni 2009

Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir        :  B
Nomor SK BAN-PT                                   :  0600/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016
Berlaku sampai                                         :  27 Mei 2021

Gelar                                                        :  Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Dasar Hukum                                           :  Peraturan Menteri Agama RI, No. 33 Tahun 2016

Alamat                                                       :  Jl. Ir. H. Juanda KM.3 Indramayu Jawa Barat
No. Telepon                                              :  0234 271875
Webiste                                                    :  www.faiunwic.ac.id
Email                                                        :  faiunwir@gmail.com, faiunwir@yahoo.com

Deskripsi Program Studi

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra adalah program pendidikan jenjang strata satu (S.1) yang menjalankan proses pendidikan sesuai peraturan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI dan menggunakan kurikulum 2015 berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Visi Program Studi

Visi Program Studi adalah: “Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang Unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik Agama Islam yang profesional, bertaqwa, berjiwa entrepreneur, dan berakhlak mulia”.

Penjelasan :

  1. Unggul berarti terbaik, handal, memiliki kinerja yang baik, dan excellency.
  2. Pengertian Tenaga Pendidik sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Pendidik adalah orang-orang yang dalam melaksanakan tugasnya akan berhadapan dan berinteraksi langsung dengan para peserta didiknya dalam suatu proses yang sistematis, terencana, dan bertujuan .
  3. Profesional berarti seseorang memiliki 3 hal pokok dalam dirinya, Skill, Knowledge,dan Attitude. Skill berarti seseorang itu benar-benar ahli di bidangnya. Knowledge, tak hanya ahli di bidangnya, tetapi ia juga menguasai, minimal tahu dan berwawasan tentang ilmu-ilmu lain yang berhubungan dengan bidangnya. Dan Attitude, bukan hanya pintar dan cerdaas, tetapi dia juga punya etika dan akhlak  mulia.
  4. Entrepreneur berarti memiliki jiwa kewirausahaan. Entrepreneur didefinisikan sebagai orang yang menciptakan pekerjaan yang berguna bagi diri sendiri, sebagai  seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, dan ide-ide baru.
  5. Takwa itu merupakan suatu kumpulan perbuatan baik, sedangkan esensinya adalah selalu taat kepada Allah SWT. Orang yang bertaqwa adalah orang yang selalu mengharapkan suatu rahmat dari Allah.
  6. Berakhlak mulia adalah memiliki akhlak yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan al-Hadist.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu bersifat teoritis, praktis di bidang ilmu Pendidikan Islam yang unggul dan integratif.
  2. Melaksanakan pelatihan keterampilan profesional sebagai tenaga pendidik Islam
  3. Mengembangkan riset dan studi dalam bidang pendidikan Islam dengan pendekatan Link and Match
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan ilmu-ilmu Pendidikan Islam.
  5. Menanamkan kesadaran kewirausahaan (entrepreneurship) dalam mengembangkan kehidupan ekonomi masyarakat.
  6. Membina kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan pengembangan program studi baik dalam dan luar negeri.

Profil Lulusan

  1. Tenaga pendidik  / Guru agama  Islam pada tingkat sekolah dasar dan menengah, madrasah, dan pondok pesantren
  2. Peneliti di bidang pendidikan agama Islam
  3. Pengelola lembaga pendidikan Agama Islam
  4. Penulis bidang pendidikan Agama Islam
  5. Wirausaha yang berkaitan dengan bidang pendidikan agama Islam.

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)

  1. Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep ilmu pendidikan agama Islam terkini dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan merefleksikan pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan  permasalahan di kelas, sekolah, lembaga pendidikan, lingkungan masyarakat, dan kondisi daerah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dinamis.
  2. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis pendidikan agama Islam serta keilmuan pendidikan agama Islam untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS dan berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills).
  3. Mampu melakukan penelitian untuk memecahkan masalah di bidang pendidikan pendidikan Agama Islam dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS
  4. Mampu menerapkan konsep Pendidikan Agama Islam terkini dalam mengembangkan produk-produk pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS untuk mendukung terselenggaranya pembelajaran pendidikan Agama Islam.
  5. Menguasai keterampilan kerja dan kemampuan managerial dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam dengan memanfaatkan IPTEKS,
  6. Mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan masyarakat baik lokal, nasional, regional, maupun internasional
  7. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan Agama Islam.
  8. Menguasai model, metode, pendekatan, media, dan evaluasi pembelajaran di bidang Pendidikan Agama Islam untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah.
  9. Menguasai kurikulum dan strategi implementasinya
  10. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan Pendidikan Agama Islam melalui penelitian ilmiah sesuai dengan kondisi sekolah dan perkembangan peserta didik
  11. Mampu mengambil keputusan  yang tepat sesuai dengan prinsip pedagogi  serta  hasil analisis data evaluasi dan refleksi  untuk memecahkan  masalah pembelajaran  Pendidikan Agama Islam.
  12. Mampu mengambil keputusan  penyelesaian masalah  pembelajaran Pendidikan Agama Islam  dengan menghasilkan  produk- produk pendidikan Pendidikan Agama Islam dengan mempertimbangkan kurikulum  dan  kondisi  peserta didik.
  13. Memiliki akhlak, moral, etika, tanggungjawab, kepribadian dan kemandirian yang baik sebagai pendidik Agama Islam
  14. Memiliki kemandirian dan tanggungjawab dalam menyelesaikan masalah pembelajaran  Pendidikan Agama Islam meliputi  perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi  yang  menjadi tanggungjawabnya sebagai pendidik  Agama Islam