Bimbingan Konseling Pendidikan Islam

IDENTITAS PROGRAM STUDI

Program Studi                                         :  Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Fakultas                                                   :  Agama Islam
Perguruan Tinggi                                    :  Universitas Wiralodra Indramayu

Nomor SK pendirian Progam Studi        :  Dj.I/614/2009
Tanggal SK pendirian Progam Studi       :  22 Oktober 2009
Pejabat Penandatangan SK Pendirian     :  Direktur Jenderal Pendidikan Islam

Nomor SK Izin Operasional                    :   SK Dirjen Pendidikan Islam No. 676 tahun 2012
Tanggal SK Izin Operasional                   :  14 Juni 2012

Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir        :  C
Nomor SK BAN-PT                                  :  692/SK/BAN-PT/Akred/S/II//2018
Berlaku sampai                                        :  27 Februari 2023

Gelar                                                        :  Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Dasar Hukum                                          :  Peraturan Menteri Agama RI, No. 33 Tahun 2016

Alamat                                                    :  Jl. Ir. H. Juanda KM.3 Indramayu Jawa Barat
No. Telepon                                            :  0234 271875
Website                                                   :  www.faiunwic.ac.id
Email                                                       :  faiunwir@yahoo.com

Deskripsi Program Studi

Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra adalah program pendidikan jenjang strata satu (S.1) yang menjalankan proses pendidikan sesuai peraturan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI dan menggunakan kurikulum 2015 berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Visi Program Studi

Visi Program Studi adalah: “Menjadi Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam yang Unggul dalam menghasilkan Konselor Pendidikan Islam yang profesional, bertaqwa, berjiwa entrepreneur, dan berakhlak mulia”.

Penjelasan :

  1. Unggul berarti terbaik, handal, memiliki kinerja yang baik, dan excellency.
  2. Pengertian Konselor atau pembimbing adalah seorang yang mempunyai keahlian dalam melakukan konseling atau penyuluhan. Konselor pendidikan Islam adalah konselor yang bertugas dan bertanggungjawab memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik di satuan pendidikan Islam. Konselor pendidikan merupakan salah satu profesi yang termasuk ke dalam tenaga kependidikan seperti yang tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Profesional berarti seseorang memiliki 3 hal pokok dalam dirinya, Skill, Knowledge,dan Attitude. Skill berarti seseorang itu benar-benar ahli di bidangnya. Knowledge, tak hanya ahli di bidangnya, tetapi ia juga menguasai, minimal tahu dan berwawasan tentang ilmu-ilmu lain yang berhubungan dengan bidangnya. Dan Attitude, bukan hanya pintar dan cerdaas, tetapi dia juga punya etika dan akhlak  mulia.
  4. Entrepreneur berarti memiliki jiwa kewirausahaan. Entrepreneur didefinisikan sebagai orang yang menciptakan pekerjaan yang berguna bagi diri sendiri, sebagai  seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, dan ide-ide baru.
  5. Takwa itu merupakan suatu kumpulan perbuatan baik, sedangkan esensinya adalah selalu taat kepada Allah SWT. Orang yang bertaqwa adalah orang yang selalu mengharapkan suatu rahmat dari Allah.
  6. Berakhlak mulia adalah memiliki akhlak yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan al-Hadist.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu bersifat teoritis, praktis di bidang ilmu bimbingan konseling dan pendidikan Islam yang unggul dan integratif.
  2. Melaksanakan pelatihan keterampilan profesional sebagai seorang konselor pendidikan Islam
  3. Mengembangkan riset dan studi di bidang bimbingan konseling pendidikan Islam dengan pendekatan Link and Match
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan ilmu bimbingan konseling Islam.
  5. Menanamkan kesadaran kewirausahaan (entrepreneurship) dalam mengembangkan kehidupan ekonomi masyarakat.
  6. Membina kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan pengembangan program studi baik dalam dan luar negeri.

Profil Lulusan

  1. Konselor pendidikan  Islam/Guru bimbingan Konseling Islam  pada tingkat sekolah dasar dan menengah, madrasah, dan pondok pesantren
  2. Peneliti di bidang bimbingan konseling pendidikan Islam
  3. Pengelola lembaga konseling Islam
  4. Penulis bidang bimbingan dan konseling Islam

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)

  1. Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep ilmu bimbingan konseling Islam terkini dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan merefleksikan pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan  permasalahan di kelas, sekolah, lembaga pendidikan, lingkungan masyarakat, dan kondisi daerah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dinamis.
  2. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip bimbingan dan konseling Islam serta keilmuan pendidikan agama Islam dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS dan berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills).
  3. Mampu melakukan penelitian untuk memecahkan masalah di bidang bimbingan konseling Islam dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS
  4. Mampu menerapkan konsep bimbingan konseling terkini dalam mengembangkan model model bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS untuk mendukung terselenggaranya konseling pendidikan Islam.
  5. Menguasai keterampilan kerja dan kemampuan managerial dalam pengelolaan administrasi konseling pendidikan Islam dengan memanfaatkan IPTEKS,
  6. Mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan masyarakat baik lokal, nasional, regional, maupun internasional
  7. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan Agama Islam.
  8. Menguasai model, metode, pendekatan, media, assesmen, dan evaluasi bimbingan konseling
  9. Menguasai perencanaan pembelajaran, kurikulum, dan strategi implementasinya
  10. Mampu memecahkan permasalahan bimbingan konseling pendidikan Islam melalui penelitian ilmiah sesuai dengan kondisi sekolah dan perkembangan peserta didik
  11. Mampu mengambil keputusan  yang tepat sesuai dengan prinsip bimbingan konseling Islam serta  hasil analisis data evaluasi dan refleksi  untuk memecahkan  masalah konseling pendidikan Islam.
  12. Memiliki akhlak, moral, etika, tanggungjawab, kepribadian dan kemandirian yang baik sebagai konselor pendidikan Islam
  13. Memiliki kemandirian dan tanggungjawab dalam menyelesaikan masalah bimbingan konseling Islam meliputi  perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi  yang  menjadi tanggungjawabnya sebagai konselor pendidikan Islam