Lomba Pidato dan Kaligrafi HIMA PAI


Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt yang masih melimpakan rahmat dan karunianya kepada kita semua sehingga bisa menjalankan aktivitas dalam kondisi yang baik dan situasi yang bahagia. Bertepatan dengan Tanggal 23 Februari 2019 organisasi HIMA PAI telah menyelenggarakan lomba pidato bahasa Indonesia dan Kaligrafi.

Tujuan dari diselenggarakanya lomba tersebut adalah sebagai media silaturahmi antara Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra dengan SMA, SMK, dan MA yang ada di Kabupaten Indramayu. Selain itu, perlombaan tersebut sebagai bagian dari pengabdian pada masyarakat.

Bagi organisasi intra kampus kegiatan tersebut adalah sebagai proses dinamisasi kompetensi mahasiswa agar bisa mengaktualisasikan multi kecerdasan seperti kecerdasan literasi yang berkaitan dengan membaca dan menulis, kecerdasan berorganisasi, dan kecerdasan problem solving.

Dengan kegiatan lomba pidato seperti ini pelajar yang nantinya merupakan calon-calon pemimimpin masa datang ini tidak kelabakan tampil di berbagai forum. Dengan demikian jika mereka diminta mendadak menyampaikan gagasan atau pemikirannya, maka dengan mudah mereka akan mampu menyampaikan aspirasinya. Intinya, jangan bermimpi menjadi pemimpin kalau tak mampu berbicara didepan umum. Selain itu, sebutnya pidato dakwah ini juga mempu meningkatkan kemampuan serta potensi siswa yang mempunyai keahlian dalam Retorika melalui pidato. Dengan Kemampuan anak dalam berpidato atau berbicara seperti ini di depan umum dapat membantu dalam mencapai karir yang baik, serta melatih kepercayaan diri dan berbahasa.

Untuk Lomba Kaligrafi juga dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kesenian siswa dalam menulis tulisan berbahasa arab dalam berbagai motiv. Faktanya yang terjadi di Era globalisasi kemampuan generasi muda untuk menulis dengan tulisan yang baik mengalami kemundura. Oleh karena itu, dengan adanya lomba kaligrafi diharapkan sebagai solusi untuk mempertahankan tradisi penulisan.

Para peserta bukan hanya berlomba atau berkompetisi saja namun kita juga dapat melihat semangat dari semua peserta dalam menyerukan ajaran agama melalui perlombaan dakwah pidato dengan gaya nya masing-masing.