Proses Pendistribusian Praktikan PPL FAI UNWIR

Setelah diberikan berbagai macam pembekalan yang berupa soft skill dan hard skill pada mahasiswa Praktikan PPL tibalah saatnya untuk proses pendistribusian Mahasiswa Praktikan PPL Fakultas Agama Ilsam Universitas Wiralodra Indramayu. Pendistribusian mahasiswa praktikan PPL yang dilaksanakan di sekolah-sekolah dan dunia usaha didampingi oleh Ketua Pelaksana PPL yaitu Bapak Didik Himawan, M.Pd.I dan dosen-dosen pembimbing lapangan. Selain itu, Proses pendistribusian mahasiswa praktikan PPL dilaksanakan pada hari Senin, 28 Januari 2019.

PPL menerapkan pendekatan supervisi klinis dan tindakan reflektif dengan prinsip berkelanjutan, terstruktur, dan relevan dengan perangkat pembelajaran. Supervisi Klinis adalah suatu bentuk bimbingan profesional yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Wiralodra Indramayu sesuai dengan kebutuhannya untuk meningkatkan profesionalitas sebagai guru.
Supervisi klinis dilaksanakan dengan prinsip-prinsip: (1) hubungan kolegial dan interaktif yang sinergis dan terbuka; (2) demokratis; (3) berbasis kebutuhan dan aspirasi mahasiswa; dan (4) mengutamakan prakarsa dan tanggung jawab mahasiswa.

Langkah-langkah dalam supervisi klinis  yang akan dilaksanakan  adalah: (1) pengamatan kinerja oleh guru pamong dan dosen pembimbing, (2) mahasiswa menilai kinerjanya sendiri (self assessment) , (3) diskusi dengan guru pamong dan dosen pembimbing, dan (4) merencanakan perbaikan.

kegiatan PPL ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktualisasi diri dan belajar menerjemahkan ilmu yang telah diperoleh dibangku perkuliahan kedalam dunia nyata.