UJIAN PRAKTEK IBADAH

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Wiralodra (UNWIR) Indramayu telah melangsungkan prosesi Ujian Praktek Ibadah pada Hari Rabu 9 Januari 2019. Kegiatan tersebut dilakukan agar FAI-UNWIR bisa mewujudkan generasi muda/mahasiswa yang memiliki wawasan agama, wawasan akademik, wawasan sosial kemasyarakatan secara baik. Dalam merespon tantangan global diperlukan output yang pandai secara keilmuan dan pandai secara spiritual. Nilai-Nilai ajaran agama semakin kesini semakin hanyut dan punah dikarenakan generasi muda yang sudah tidak peduli untuk mangkaji, memahami, dan mengamalkan ajaran agama.

menurut Dekan Fakultas Agama Islam H. Ibnu Rusydi, MA beserta seluruh dosen di lingkungan Fakultas agama Islam kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun dan diharapkan bisa menjadi sebuah trobosan untuk menciptaka keunggulan ditengah kegamangan. Dengan adanya ujian ini para mahasiswa berusaha mempelajari kembali berbagai macam tuntutan-tuntunan ibadah sehari-hari baik ibadah mahdhoh maupun ghoiru mahdoh.

Ketua Pelaksana kegiatan ini Muhammad Ali, M.Sy telah menyusun dan merancang berbagai materi-materi ujian praktek ibadah sesuai dengan landasar ajaran islam dan landasan sosio-kultural. penyusunan materi-materi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan individu dan sosial, artinya supaya materi-materi yang diujikan dalam praktek ibadah tersebut bisa diimplementasikan dan diaktualisasikan oleh mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga setelah itu mahasiswa bisa terjun dimasyarakat.

Untuk merespon tantangan global ada beberapa kecerdasan yang harus dimiliki oleh mahasiswa yaitu kecerdasan literasi, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional. kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan sosial, kecerdasan logika, kecerdasan retorika dan lain sebagainya. itulah dari beberapa jenis kecerdasan yang ingin diwariskan oleh segenap Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Fakultas Agama Islam (FAI) kepada segenap mahasiswanya.