Diskusi Dosen FAI

Suasana Akademik mencakup aspek interaksi dosen-mahasiswa, kualitas dan kuantitas kegiatan Akademik, serta keterlibatan seluruh civitas akademika kampus dalam hal kegiatan akademik. Suasana Akademik Program Studi tercermin dalam berbagai kegiatan berupa telaah ilmiah, diskusi, seminar, workshop, lokakarya dan penelitian yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa atau oleh mahasiswa dengan dosen atau antara dosen dengan dosen, kebebasan akademik dan otonomi keilmuan.

Interaksi dosen dengan mahasiswa dalam perkuliahan dalam satu semester terselenggara minimal 12 kali pertemuan dan maksimal 16 kali. Sedangkan dalam Forum Diskusi Kajian Dosen FAI UNWIR terjadi interaksi setiap 2 bulan sekali. Untuk perwalian, mahasiswa dapat bertemu dengan dosennya minila 4 kali dalam satu semester, yakni pada saat pengambilan Kartu Rencana Studi (KRS), menjelang Ujian Tengah Semester (UTS), menjelang Ujian Akhir Semester (UAS) dan ketika menghadapi semester baru.

Lebih dari 3 kali Program Studi bekerjasama dengan BEM Fakultas Agama Islam menyelenggarakan kegiatan ilmiah berupa seminar yang melibatkan cukup banyak mahasiswa, alumni, dan guru-guru agama se-Kabupaten Indramayu..